“Buluh yang terkulai takkan dipatahkanNya, Dia kan jadikan indah sungguh lebih berharga. Sumbu yang tlah pudar takkan dipadamkanNya, Dia kan jadikan terang untuk kemuliaanNya.....”

Taman Djamoe Indonesia - Kabupaten Semarang




Taman Djamoe Indonesia terletak di jalan Raya Semarang Bawen km 28 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Taman yang terhampar di area seluas kurang lebih 3 hektar ini adalah milik dan dikelola oleh Pabrik Jamu Nyonya Meneer. Taman Djamoe Indonesia ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, dengan tiket masuk Rp. 7.500 (senin - jumat) dan Rp. 10.000 (sabtu - minggu). Selain Taman Djamoe ini, Pabrik Jamu Nyonya Meneer juga mengelola Museum Jamu Nyonya Meneer yang terletak di dekat pabrik, di Jl. Kaligawe – Kota Semarang.


Species tanaman yang ada di Taman Djamoe ini berjumlah sekitar 600 spesies tanaman dengan berbagai macam khasiat dan kegunaan, mulai dari yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, hingga tanaman jamu yang langka sehingga perlu dijaga kelestariannya.


Bagi anda yang mempunyai hobi tanaman obat ataupun pecinta minuman jamu tradisional, tempat ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata saat anda berkunjung ke daerah Semarang. Selain dapat mempelajari berbagai macam kegunaan dan khasiat dari tiap pohon yang ada, Taman Djamoe ini juga nyaman untuk bersantai bersama keluarga karena kondisi alamnya yang cukup mempesona ditambah dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pengelola seperti Taman Djamoe Resto dimana anda dapat menikmati jamu tradisional khas Nyonya Meneer ataupun es krim jamu, selain itu ada Gift Shop dan Meneer Shop, tempat dimana anda dapat membeli souvenir khas Taman Djamoe ataupun jamu kemasan untuk oleh-oleh.


Untuk tamu rombongan yang membuat jadwal terlebih dahulu, disini juga tersedia Herbaclinic, Amphitheater (pemutaran film singkat tentang Pabrik Jamu Nyonya Meneer), dan Spa Srikaton. Selain itu di tengah taman djamoe tersebut juga terdapat Green House, Jogging and Biking Track, bahkan Helipad.


Taman Djamoe ini tergolong sepi pengunjung kecuali saat ada rombongan, sangat disayangkan bukan, padahal tempat ini sangat baik untuk refreshing sekaligus menambah pengetahuan anda tentang tanaman obat dan budaya tradisional kita. Terutama untuk anak-anak, mereka dapat belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan mencintai warisan budaya nusantara.


Beberapa macam tanaman yang ada disini antara lain : Kumis kucing, Kaul Mogra, Pohon Mindi, Pohon Kola, Kenikir, Rosmeri, Kaca Piring, Kayu Manis, Saga, Bawang Dayak, Paliasa, Delima Merah Mini, dan masih banyak lagi. Bagaimana, apakah anda sudah mengenal banyak jenis tanaman? Ayo tambah perbendaharaan anda tentang macam-macam tanaman obat dengan berkunjung ke Taman Djamoe Indonesia.....





1 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan pertanyaan, pesanan, pengalaman ataupun komentar anda disini...