“Buluh yang terkulai takkan dipatahkanNya, Dia kan jadikan indah sungguh lebih berharga. Sumbu yang tlah pudar takkan dipadamkanNya, Dia kan jadikan terang untuk kemuliaanNya.....”

Museum Kereta Api Ambarawa - Menengok Lokomotif Uap Tempo Dulu






Museum kereta api Ambarawa merupakan museum kereta api kuno peninggalan Belanda di Indonesia yang berada di kota Ambarawa, sekitar 20 km dari kota Ungaran.
Museum kereta api Ambarawa ini didirikan pada tanggal 6 Oktober 1976 di Stasiun Ambarawa untuk melestarikan lokomotif uap yang masih ada. Museum ini awalnya adalah stasiun kereta api yang dibangun pada tahun 1873, tepatnya tanggal 21 Mei 1873, yang mulanya dikenal dengan nama Stasiun Willem I.
Museum kereta api ini mempunyai beberapa koleksi kereta api kuno, dimana di halaman museum ini kita masih dapat menyaksikan berbagai macam lokomotif uap dari yang ukuran sedang hingga yang besar. Selain kereta api kuno, di museum ini juga terdapat koleksi telepon antik, peralatan telegram morse, bel antik dan beberapa perabotan antik.


Museum ini juga menyediakan paket kereta wisata yaitu menumpang kereta api bertenaga uap yang melalui rel bergerigi sambil menikmati alam pedesaan dan pegunungan. Kereta api uap bergerigi ini sangat unik dan merupakan salah satu dari tiga yang masih tersisa di dunia, dua di antaranya ada di Swiss dan India.
Rute yang dilayani oleh kereta wisata kuno ini adalah Ambarawa-Bedono pp dan Ambarawa-Tuntang pp, dimana di sepanjang perjalanannya, mata kita akan disuguhi oleh panorama dan pemandangan alam yang indah, seperti sawah, ladang, dan lembah yang hijau dengan latar belakang Gunung Ungaran dan Rawa Pening.
Kereta wisata ini biasanya hanya melayani bila jumlah peserta wisata mencapai jumlah tertentu, atau bisa juga melayani rombongan dengan sistem sewa per gerbong.
Selain museum kereta api, di Ambarawa sendiri juga terdapat banyak tempat wisata lain, seperti Rawa Pening, Goa Maria Kereb, Museum Palagan, dan sebagainya.
Jadi bila anda ada rencana berkunjung ke Ambarawa, dijamin anda akan mendapatkan pengalaman yang berkesan dan banyak pengetahuan tentang sejarah dan budaya.

Disini anda juga akan disuguhi berbagai macam kuliner setempat, dari nasi pecel, mie ayam, jajanan lokal, buah kelengkeng, dan masih banyak lagi. Dan untuk anda pecinta kopi, disini terdapat beberapa kedai kopi dan juga café yang lokasinya berada tepat di perkebunan kopi yang semuanya menawarkan berbagai macam jenis kopi nikmat dan mantap. Cobain deh…
Untuk penginapan jangan kuatir, di sekitar lokasi terdapat cukup banyak hotel, baik hotel melati maupun hotel berbintang.
Makanya tempat ini bisa menjadi alternative liburan anda, karena walau dengan budget terbatas anda tetap bisa mendapatkan banyak pengalaman berkesan dan mengasyikan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan pertanyaan, pesanan, pengalaman ataupun komentar anda disini...

Post a Comment

Silahkan tuliskan pertanyaan, pesanan, pengalaman ataupun komentar anda disini...