“Buluh yang terkulai takkan dipatahkanNya, Dia kan jadikan indah sungguh lebih berharga. Sumbu yang tlah pudar takkan dipadamkanNya, Dia kan jadikan terang untuk kemuliaanNya.....”

Kampoeng Kopi Banaran - Nikmatnya kopi Nusantara





Merupakan kawasan perkebunan kopi yang dimiliki oleh PTPN IX, yang terletak di sebelah utara Rawa Pening tepatnya di Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35. Dengan ketinggian di 480 – 600m diatas permukaan laut, suhu udara di tempat ini seharusnya cukup sejuk, namun untuk di arena bermain saat siang hari terasa cukup panas.


Kampoeng Kopi Banaran ini mulai dikenal pada tahun 2005, saat PTPN IX merubah kebun percontohan aneka tanaman perkebunan dan buah koleksi di Afdeling Assinan, tepatnya dipinggir jalan Raya Bawen – Solo Km 1,5 Bawen Kabupaten Semarang menjadi sebuah Kawasan Agrowisata yang kemudian dikenal sebagai Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran.
Sebenarnya ini berawal dari sebuah terobosan yang dilakukan Direksi PTPN IX pada tahun 2002 dengan menerapkan pola bisnis hulu hilir, dimana komoditi Kopi yang tadinya dijual dalam bentuk biji (green bean), diolah sebagian menjadi Kopi Bubuk dengan memberikan label/ nama dagang Banaran Coffee, yang kemudian berlanjut dengan dibangunnya sebuah coffeeshop pada tanggal 20 Agustus 2002 dengan tujuan sebagai etalase untuk memperkenalkan  produk olahan (kopi bubuk) yang diproduksi oleh PTPN IX, dan akhirnya berlanjut pada pembangunan Kawasan Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran pada tahun 2005 tersebut.           

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, dari bangunan utama yaitu Banaran Coffee House, juga ada Kolam Renang, Arena bermain anak-anak, Lapangan Tenis, Camping Ground, Meeting Room, dan juga Gedung Pertemuan “Griya Robusta”. Jenis wisata yang disediakan juga sangat menarik, yaitu : Kereta Wisata, Flying Fox, dan ATV + Taman Lalu Lintas.
Dari semua fasilitas dan jenis wisata yang ditawarkan, karena kita sedang berwisata ke perkebunan kopi maka yang menurut saya wajib dicoba adalah Kereta Wisata dan menu khas yang ada di Banaran Coffee House tersebut.


Karena dengan kereta wisata anda akan diajak mengelilingi hamparan kebun kopi dengan pemandangan Rawa Pening dan Gunung-gunung dibelakangnya, dan supir keretanya juga sangat ramah dan biasanya mereka dengan semangat menjelaskan tentang perkebunan tersebut. Selain itu juga terdapat beberapa spot tempat menikmati pemandangan dan anda juga diijinkan mencoba untuk memetik kopi (bila sedang berbuah). Pengalaman yang cukup asyik bukan…


Sedangkan Banaran Coffee House sendiri menyajikan aneka makanan dan minuman segar, yang disajikan panas maupun dingin sesuai selera kita. Selain itu coffee house ini juga menjual kopi kemasan bagi anda yang ingin memberikan oleh-oleh untuk kerabat anda yang menyukai kopi. Beberapa jenis kopi dengan cita rasa tinggi tersedia disini dalam bermacam-macam ukuran.
Bagaimana, tertarik berkunjung kemari?? Segera atur liburan anda, karena tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat banyak tempat wisata lain yang tidak kalah menarik dan juga beberapa penginapan, baik hotel maupun cottage yang siap menambah kenyamanan liburan anda...


No comments:

Post a Comment

Silahkan tuliskan pertanyaan, pesanan, pengalaman ataupun komentar anda disini...

Post a Comment

Silahkan tuliskan pertanyaan, pesanan, pengalaman ataupun komentar anda disini...